Halaman

Saturday, August 11, 2018

KA Alternatif Jakarta - Bandung Murah Meriah

"Rizz.. Lu Balik Bandung pake apaan dah ko cuman belasan rebu? Emang ada?"
"Pake kereta cuy. Ya emang ga langsung nyampe Bandung sih... Kudu transit dulu.. Ntar gw pos deh di blog."


Lalu sekarang nulis beneran.

Iya kok belsan ribu. Bukti tiketnya udah ada di postingan sebelumnya ya. Silakan dibuka kalo tidak percaya. Ehehehe.... 😁

Eh iya. Postingan ini ditujukan buat orang-orang yang perhitungan banget dalam transportasi, yang anti ngeluh naik kereta ekonomi, dan mempuyai jiwa bolang. Orang yang demen serba praktis mending langsung close aja deh page ini. Ehehehe.... Ga lah becanda..

Nah sebelum beli tiket kereta, hal yang perlu dilakukan adalah mengecek jadwal kereta. Kereta yang digunakan adalah KA Walahar Ekspress dan KA Cibatu (dua-duanya kereta diesel). Dari Jakarta bisa milih antara naik dari St. Tanjung Priok atau Kemayoran. Kalo aku lebih suka dari Kemayoran soalnya dari jadwal keberangkatan cenderung lebih lambat dan lebih dekat dengan pusat kota. Terus bisa ditempuh pake beberapa rute KRL. Meskipun ada 2 jadwal yang bisa dipilih, gw menyarankan ambil jadwal pagi yang jam 9.55 dari Priok karena cenderung lebih sepi.



(Jadwal yang tertera masih berlaku sampe tulisan ini di pos. Ngga tau deh kalo besok)

KA Walahar Ekspres bisa dipesen dari H-7 keberangkatan hingga hari H di stasiun yang di singgahi, kalo KA Cibatu cuman bisa dipesen pas hari H. Kedua tiket kereta yang dibeli punya porsi 100% tempat duduk dan 50% berdiri (maksudnya kalo semua tempat duduk udah penuh dari stasiun awal mau ngga mau harus berdiri, tapi alhamdulillah gw belom pernah sih). Harga tiketnya Rp 6.000 (Tj. Priok - Purwakarta) + Rp 8.000 (Purwakarta - Bandung) = Rp 14.000

Selanjutnya kalo tiket udah kebeli tinggal nuggu kereta aja. Bisa foto-foto dulu di St. Kemayoran.





Kalo udah naik kereta penampakannya kaya gini. Tempat duduk yang masih hadap-hadapan. Sisi kiri untuk 2 kursi, kanan 3 kursi ato sebaliknya. Tenang, udah ada AC dan colokan di samping.


Nah ngga kerasa nyampe Purwakarta deh. Ada waktu transit sekitar 2,5 jam. Kamu bisa jepret-jepret dalem stasiun karena di dalemnya ada objek unik berupa gerbong usang yang ditumpuk-tumpuk. Sayangnya ngga boleh ngedeket dan kudu ngefoto dari jauh. Kalo kamu keluar stasiun banyak kedai dan kafe yang jualan makanan minuman dengan tempat yang proper, tapi lupa ngga kufoto.











Sejam sebelum keberangkatan KA Cibatu biasanya baru dibuka loket pembelian. Karena dibukanya cuman satu loket biasanya antrean bisa sampe keluar pintu stasiun. Tapi gw sih santai. Beli kalo udah mepet (kebiasaan deadliner) soalnya males berdiri lama, mending duduk terus nunggu sampe antrean sepi baru beli. Lagian ngga tau juga kenapa orang-orang kompetitif banget sebelum loket dibuka udah pada ngantre, padahal belum tentu dapet tempat duduk di dalem kereta. Mendingan hemat energi, ya ngga? Haha..
Nah udah deh terus masuk kereta. Kalo perjalanan sore biasanya udah ngga mau mikir berat. Kalo ngga bobo, ngegalau sambil liatin matahari, atau baca buku. Ntar ngga kerasa tiba-tiba udah nyampe Bandung.

(lagi baca bukunya Mark Manson yang The Subtle Art of Not Giving A Fuck, maklum sedang quarter life crisis)


Buat penutup postingan ini gw mau simpulin kekurangan dan kelebihan perjalanan super irit ini.

*Kelebihan
1. Murah
2. Peluang tersedianya tiket 90%
3. Fasilitas kereta kayak ekonomi antar provinsi

*Kekurangan
1. Butuh waktu lama buat nyampe Bandung
2. Jarak antar kursi sempit, berdo'a aja ngga ada orang yang duduk di depanmu biar bisa selonjoran
3. Kalo penumpang banyak belum tentu dapet tempat duduk
4. Banyak penumpang bawa dagangan, kayaknya mau dijual lagi sih
5. Tidak berlaku perjalanan Bandung - Jakarta
6. Ngga ada gerbong reservasi
7. Ngga bisa pesen online


Yaudah segini dulu review perjalanan irit Jakarta - Bandung. Kalo banyak kuranya ya wajar soalnya murah dan cuman alternatif. Semoga bermanfaat buat yang sering mondar-mandir ke ibu kota. Mon maap kalo banyak fotonya. 
Caw!

No comments:

Post a Comment